Pengolahan Pengolahan sampah terpadu paket pengolah sampahPengolahan Pengolahan sampah terpadu paket pengolah sampah

Pengolahan

Pengolahan sampah terpadu

Pengolahan sampah terpadu

PAKET PENGOLAHAN SAMPAH TERPADU PADA KELURAHAN ATAU KOMUNITAS BANK SAMPAH

Sampah merupakan sumber pencemaran lingkungan apabila tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan masalah lingkungan seperti sumber berbagai macam penyakit, lingkungan yang kotor, bau busuk, dan salah satu penyebab banjir dikota besar akibat sampah yang masuk disaluran air. Salah satu solusi yang harus ditempuh adalah mengelola sampah terpadu. Sampah sebaiknya dikelola dari sumber penghasil sampah, misalnya pasar kelurahan, perumahan, pertokoan hal ini dilakukan dilakukan untuk mempermudah dalam proses pengolahan dan menekan biaya oprasional serta menciptakan lapangan kerja dilingkungan warga.
Atas dasar tersebut kami PT. AGRO TUNAS TEKNIK yang bergerak di bidang ALSINTAN dan mesin industri membuat alat pengolah sampah terpadu. Dimana alat ini berfungsi untuk mengolah sampah organic menjadi kompos padat dan pupuk cair serta sampah plastik untuk bisa didaur ulang, adapun alat yang digunakan adalah
a. KONVEYOR PEMILAH
Konveyor pemilah model CP 1500 ATT untuk memudahkan pemisahan sampah organik dan anorganik (Plastik, beling, besi dll). Cara kerja alat ini adalah sampah akan diletakkan diatas ban berjalan dalam keadaan bak penampungan masing-masing sesuai dengan jenisnya, sedangkan sampah organik akan terkumpul diujung konveyor, alat ini juga dipasang magnet untuk memilah logam, alat ini dioprasikan oleh ± 3 orang, kapasitas 2 – 3 m3 sampah/jam

b. PENGHANCUR SAMPAH ORGANIK
Penghancur sampah organik model MK BC MINI ATT MS. Penggerak motor bensin 5,5 Hp/EM 1-2 Hp. Penghancur sampah ini berkapasitas 1,5 – 2 m3/jam. Cara kerja alat ini dimana sampah organik dimasukkan kedalam corong mesin. Mesin penghancur keluar melalui corong keluar dalam bentuk sudah lembut atau kecil-kecil unruk memudahkan dibuat kompos padat maupun cair.

c. PEDAL ROTARY COMPOSTER
Pedal rotary composter model PRC 1200 ATT kapasitas 1000 l/shift digerakkan dengan pedal manual atau EM 1 Hp. Cara kerja rotari composter ini adalah sampah organic yang sudah dicacah dimasukkan ke dalam tabung rotary composter melalui pintu masuk, diisi ¾ tabung (1 m3) setelah itu disiram dengan bakteri pengurai atau bioaktifator ± 2 liter 2 liter 2 liter gula merah dicampur ± 10 liter (airnya tergantung kadar air bahan organik) setelah itu corong tabung ditutup. Kemudian diputar ± 5 menit suoaya bahan tercampur merata dengan mikroba hal ini dilakukan selama ± 5 hari, sehari 2 x pagi dan sore masing-masing ± 5 menit. Pada saat pemutaran rotary hari ke 2 dan seterusnya cairan yang ada didalam rotary diambil terlebih dahulu dengan posisi keran dibawah tabung, putar kran tamping cairan kedalam bak penampungan cairan akan berbentuk lindi atau pupuk cair.
Pupuk cair disimpan didalam ember atau botol setelah 12 – 15 hari baru bisa digunakan sedangkan pupuk kompos padat dikeluarkan ± hari kelima kemudian kompos dianginkan ± 1 hari dan pengomposan selesai. Kompos siap dikemas dan dijual.

d. PENCACAH SAMPAH PLASTIK MINI
Pencacah sampah plastik mini model PP 100 ATT penggerak EM 7,5 Hp/diesel 8 – 12 Pk Kapasitas ± 1,5 – 2 m3/jam atau 80 – 120 kg/jam tergantung jenis plastik. Plastik yang sudah dipilah dan masing-masing jenis plastik beserta warnanya. Kemudian dimasukkan kedalam corong masuk penghancur plastik sambil disemprot dengan air yang sudah terpasang pada mesin pencacah plastik, penyemprotan dilakukan pada saat pencacahan. Plastic akan keluar melalui corong keluar penghancur plastik bersama air. Apabila plastik masih kurang bersih dimasukkan kedalam bak pencuci plastik agar plastik menjadi bersih. Alat ini juga bisa untuk mencacah kardus, Koran, kantong kresek, karung goni. Dll

e. SPINER
Spiner model SP 50 ATT ini berkapasitas 20 – 30 kg/shift / 5 menit, penggerak EM 2 Hp berfungsi untuk mengeringkan plastic, cara alat ini adalah plastic yang sudah dicacah masih basah dimasukkan ke tabung spiner kemudian hidupkan tombol pemutar ± 5 menit, plastik akan kering dimasukkan kedalam karung untuk didaur ulang atau dijual.

Agar oprasional bisa continue setiap hari, dalam satu paket alat yang digunakan adalah :

1. 1 unit mesin conveyor pem,ilah model CP 1500 ATT
2. 1 unit mesin kompos MK BC mini ATT MS
3. 5 Unit mesin pedal rotary composter PRC 1200 ATT
4. 1 unit pencacah sampah plastic mini model PP 100 ATT
5. 1 Unit Spiner model SP 50 ATT

Sampah organic yang bisa diproses dalam satu hari ± 3 meter kubik menghasilkan kompos ± 500 kg/hari dan ± 10 liter pupuk cair/hari. Dengan pola pengolahan sampah secara terpadu lingkungan menjadi bersih, bebas banjir menghasilkan lapangan kerja baru sebagai salah satu sumber pendapatan keluarga, membantu pemerintah dalam mengelola sampah dimasyarakat.